Sarana dan prasarana ini sangatlah penting bagi wisatawan demi memberikan kesan wisata yang menarik dan memuaskan. Namun seperti apakah saan dan prasaran yang ideal dan memuaskan bagi wisatawan?
- Fasilitas dan Properti, ini sangat penting untuk memperhatikan sarana fasilitas di daerah wisata. Pada umumnya kesan pertama seorang wisatawan terletak pada kenyamanan fasilitas yang diberikan oleh tempat wisata tersebut. Fasilitas ini meliputi MCK, kamar inap, tempat peristirahatan, mushola, serta fasilitas - fasilitas lainnya yang menunjang.
- Keamanan dan Ketertiban. Seorang wisatawan akan merasa nyaman dan betah berlama - lamaan di daerah wisata yang Ia kunjungi tanpa merasakan kekhawatiran akan keamanan. Keamanan ini sangat menunjang kepuasan para wisatawan. Dengan adanya keamanan, kita juga perlu memperhatikan ketertiban. Ketertiban ini bisa diwujudkan berupa prosedur - prosedur sederhana yang terdapat di daerah wisata tersebut, sehingga para wisatawan merasa bahwa kunjungan wisatanya sangatlah terkoordinir. Ini merupakan nilai plus yang perlu diambil untuk memuaskan hati para wisatawan.
- Akses kendaraan. Ini merupakan poin yang sangat penting. Terkadang adakalanya para wisatawan kesulitan untuk mengakses daerah wisata yang Ia kunjungi, perlu diperhatikan apakah sarana transportasi? Dengan adanya transpotasi, para wisatawan tak perlu memikirkan lagi dengan apa Dia akan menuju ke lokasi yang Ia kehendaki.
- Adanya Tour Guide. Dengan adanya pemandu, ini akan berdampak pada ketertiban juga. Para wisatawan akan dimanjakan oleh pemandu yang memandu wisatawannya mengelilingi daerah wisata tersebut. Pemandu perlu bersikap ramah dan sabar dalam menghadapi dan menanggapi pertanyaan para wisatawannya.
Dengan adanya sarana dan prasarana yang terkoordinir, akan menjadi mustahil jika para wisatawan tidak merasa puas dengan perjalanan wisatanya.